Tracking Satelit Chinasat 10

Update januari 2018, Cara Tracking Satelit Chinasat 10 dengan Parabola 4 LNB tidak merubah posisi parabola. Seperti yang sudah di ketahui siaran tv TransTV, Trans7, dan ANTV yang berada di Frekuensi 10.8°E yakni Satelit telkom1 sudah tidak bisa di gunakan dan sebagai satelit pengganti untuk melihat siaran TransTV, Trans7, dan ANTV harus tracking satelit baru yaitu telkom-3S. Bagi yang menggunakan Parabola 4 LNB dengan jaring 6 dish untuk bisa Lock satelit telkom-3S harus merubah sedikit arah posisi parabola dari semula.

Tracking Satelit Chinasat 10
Tapi di postingan ini saya tidak akan membahas cara tracking satelit telkom-3S melainkan cara Tracking Satelit Chinasat10 posisi 110.5E menggunakan Parabola 4 LNB tanpa merubah posisi parabola

Mengapa harus tracking satelit Chinasat 10?
Karena di satelit tersebut terdapat siaran FTA (Free To Air) yaitu frekuensi Skynindo di Transponder 3561 V 30000 dengan channel televisi yang di antaranya siaran TransTV, dan Trans7.

Sekilas tentang satelit chinasat 10
Satelit Chinasat 10 adalah  satelit yang dimiliki oleh Perusahaan Telekom Satelit Tiongkok (CSCCL), yang diluncurkan pada tanggal 21 Juli 2011.
Sebelumnya Satelit ini sama sekali tidak terkenal karena satelit ini tergolong satelit hampa dimana sedikit sekali Transponder yang menghuni satelit ini. Namun ketika bergulirnya EPL / Liga Inggris 2013-2014 Satelit ini mendadak menjadi buruan karena di Satelit ini terdapat Feed Liga inggris, sehingga bagi yang bisa lock satelit ini tentu saja bisa nonton Liga Inggris.
Pada saat itu di karenakan Satelit Chinasat-10 ini berada di antara Palapa D dan telkom1 untuk bisa lock satelit tersebut akan mengakibatkan tidak maksimalnya penerimaan siaran televisi dari telkom 1

Dan saat ini satelit Chinasat-10 kembali terkenal Karena ada frekuensi Skynindo dan bisa sebagai alternatif pengganti bagi yang belum bisa lock satelit telkom-3S di karenakan untuk tracking satelit Chinasat-10 tidak perlu merubah posisi parabola tapi hanya dengan memanfaatkan 1 LNB yang kosong bekas Telkom 1 di ganti atau di isi dengan frekuensi baru yaitu Satelit Chinasat 10. tentunya dengan beberapa catatan yang akan saya sebutkan di bawah postingan ini.


Sebelum nya 4 Port (4 LNB) di isi dengan

Port 1 = Palapa D
Port 2 = Telkom 1
Port 3 = Asiasat7
Port 4 = Asiasat5

Untuk Port 2 Telkom 1 di ganti menjadi Chinasat 10
Walaupun sebenarnya untuk port 2 di biarkan namanya Telkom1 juga tidak masalah di karenakan untuk lock satelit chinasat 10 ini tidak perlu menggeser arah parabola tetapi hanya akan mengisi Port 2 yang di tinggal Telkom1.

Berikut Ini Cara Tracking Satelit Chinasat 10 dengan parabola 4 LNB

Merk dan type receiver parabola yang saya gunakan adalah Hitech X2, untuk receiver merk yang lain tinggal menyesuaikan.
Satelit : Chinasat 10 Posisi : 110.5E
Gunakan Remote receiver, Masuk ke menu Daftar Satelit melalui tombol menu di receiver parabola untuk merubah nama satelit atau langsung masuk ke menu > Instalasi >Daftar TP (Transponder) lalu hapus semua TP atau kosongkan Transponder telkom 1 dengan menekan tombol kuning di remot.

Selanjutnya kembali ke Menu >Instalasi >Pengaturan antena dan di bagian satelit telkom1

LNB Freq          5150
Transponder    Kosong
DiSEqC1.0        Port2
DiSEqC1.1        Nonaktifkan
22k                    ON
Polaritas           Auto

Lalu kembali ke menu > Instalasi > Cari satelit tunggal, di bagian telkom 1, dengan settingan berikut

Hanya FTA             Ya
Cari Siaran             Siaran TV
Mode Pencarian    Cari Preset
Cari Jaringan          Ya

Selanjutnya klik > Cari (scan) hasil scan tersebut akan menemukan
Satelit : Chinasat 10 Posisi : 110.5E


Di dalam nya terdapat siaran FTA dari Skynindo tepatnya di Frekuensi 3561/v/30000 yaitu siaran Trans7, TRANSTV, ANTV, SCTV, INDOSIAR, Mtv musik asia, More TV, Quran TV, Sunnah TV, Kompas TV, TV, Metro TV, Net TV.

Trans Tv
Sinyal Intensitas > 70%
Kualitas Sinyal > 34%
Frekuensi lainnya yang di temukan 3521/v/30000
dengan tanda $ adalah siaran berbayar bukan FTA.

Catatan
Syarat Untuk dapat lock satelit chinasat 10 bagi yang menggunakan Parabola 4 LNB jaring 6 dish namun tidak merubah posisi parabola adalah sebagai berikut

1. Lakukan pencarian (Scan) satelit chinasat 10 di malam hari karena jika melakukan pencarian di siang hari seperti di lokasi saya yaitu waktu indonesia Barat (WIB) tidak dapat Lock satelit chinasat 10 termasuk frekuensi Skynindo.
Dan juga channel televisi yang saya sebutkan di atas jika sudah di lock tidak bisa di tonton di siang hari karena tidak ada sinyal sedikitpun. Jadi hanya bisa di Lock dan di tonton di malam hari.

2. Update April 2018 Skynindo di chinasat 10 masih FTA.
3. Update Juni 2018, Skynindo di chinasat 10 tidak lagi free to air (FTA).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel